Hypertext Markup Language merupkan standard bahasa yang di gunakan untuk menampilkan document web, yang bisa anda lakukan dengan HTML yaitu:

  1. Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya.
  2. Mempublikasikan document secara online sehingga bisa di akses dari seluruh dunia.
  3. Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran, transaksi secara online.
  4. Menambahkan object-object seperti image, audi, video dan juga java applet dalam document HTML.

Style Sheets merupakan feature yang sangat penting dalam membuat Dynamic HTML. Meskipun bukan merupakan suatu keharusan dalam membuat web, akan tetapi penggunaan style sheets merupakan kelebihan tersendiri. Suatu style sheet merupakan tempat dimana anda mengontrol dan memanage style-style yang ada. Style sheet mendeskripsikan bagaiman tampilan document HTML di layar. Anda juga bias menyebutnya sebagai template dari documents HTML yang menggunakanya. Anda juga bisa membuat efek-efek sepesial di web anda dengan menggunakan style sheet.

Secara teoritis anda bisa menggunakan style sheet technology dengan HTML. Akan tetapi pada prakteknya hanya Cascading Style Sheet (CSS) technology yang support pada hampir semua web Browser. Karena CSS telah di setandartkan oleh World Wide Web Consortium (W3C) untuk di gunakan di web browser. Tutorial ini akan menjelaskan tentang html dan CSS.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):

  1. nurhasyim-htmlcss.zip