Halloo..

… Sebetulnya banyak banget kasus yang telah kita alami bersama dalam mengarungi bahtera rumah tangga antara kita semua dan komputer kesayangan.

Banyak masalah, halangan, rintangan dan segala macam cobaan yang dapat teratasi dengan mudah, dan mungkin ada saja masalah yang sulit diatasi, walaupun pada akhirnya masalah pun bisa diatasi, dengan berbagai usaha tentunya …

Seperti
kasus kemarin dalam artikel “Cara Lain menjadi Administrator di Windows XP SP1 DAN SP2 [ NTFS ]” buatan saya sendiri … Roby sang penguasa kegelapan yang murka akhirnya memiliki cara lain untuk mengembalikan account administratornya yang limited dengan menggunakan tools kecil yaitu … The OffLine NT Password Editor buatan Peter P’Nordah.🙂

[maklum sang penguasa kegelapan ternyata seorang script kiddie juga ] Tentunya dengan berbagai tahapan. Dan ini membuktikan tidak ada keamanan yang menjamin 100%.

Ngomong
apaan siihh … ???!!🙂

Sebetulnya tutorial ini basi banget … tapi berhubung masih banyak banget newbie yang belum tau … khususnya user wind0st [ red:windows ] yang baru migrasi, jadi nggak basi kan. Yang namanya ilmu, basi nggak basi teteup ilmu, ya nggak ?? Nggak !!

Basa-basinya
udah dulu !!

Sekarang
ada suatu kasus, dimana para Linuxer yang kadang-kadang lupa akan passwordnya. Terlebih lagi, mode linux single untuk lilo pun telah ter pass word kan … ( susah bener ngomongnya ). Udah gitu, CD
Distro linux dipinjeum temen. Pas dibalikkin banyak goressannya :D~~.
Manteubh deuuh.

Udah
ahhh … banyak banget basa-basinya. Gini aja …

Anggap
aja situasinya begini.

Ada
2 sistem operasi yang terinstall di harddisk dengan 5 partisi didalamnya, Windows XP dengan 1 partisi bertipe NTFS, dan 2 partisi bertipe FAT32. Dan Linux dengan 1 Swap Partisi dan 1 partisi bertipe Ext3.

Alat
Yang kita perlukan adalah …

====================

1.
tomsrtbt-x.x.xxx.dos.zip – sekitar 2 MB — [ bisa didownload di

http://www.distrowatch.com
atau

cari sendiri minta bantuan mamang google atau juga bisa langsung ke mainsite

http://www.toms.net ] -– Linux Mini , Distro Mini Yang laen juga boleh !! sedapetnya aja …

2.
NTFS 4 Dos [ didownload di
http://www.bootdisk.com ] — Yang ini jadi pilihan

kalo misalkan nggak punya partisi bertipe Fat32.

3.
Untuk pengguna yang salah satu partisi harddisknya bertipe FAT32,
Bisa pake CD Bootable apa aja asal bisa masuk ke dos. Ex : CD CHIP MagaZine.

4.
2 Disket Kosong

5.
Sedikit pengetahuan menggunakan MSDOS, dan perintah dasar linux

Download dulu tools diatas,

Ta’
jelaskeun dulu fungsi dari alat-alat perang di atas !

Pertama,
tomsrtbt.xxx.xxx, yang ini udah jelas … distro linux mini berukuran 1 disket. Kedua, NTFS 4 Dos … sebetulnya ini hanya pilihan aja … bakal dipake nantinya kalo misalkan anda nggak punya partisi bertype FAT32, atau FAT16. ketiga, Udah jelas kan ??? yang keempat, jelas deuuh !!! Yang kelima, gampang deuuh yah ??? Entar juga dikasih tau !!

Tahapan Pertama …

Bagi
anda yang memiliki partisi harddisk bertipe FAT32 anda bisa melewati langkah ini. Buka program NTFS4DOS yang udah diinstall tadi, dan siapkan satu disket kosong … terus ikutin aja perintahnya. SELESAI
???? Lanjut ke tahapan kedua …

Tahapan Kedua…

Nah
… file distro linux zip-an yang tadi didownload bisa diextract di atas partisi FAT32 ke folder paling awal … ex : d:\linux


Didalam folder tersebut kurang lebih isinya

initrd.img

install.bat

license.html

loadlin.exe

tomsrtbt.FAQ

tomsrtbt.lsm

zimage

Kalo nggak ada partisi fat32 bisa juga diextract ke c:\linux , terserah, it’s your choice !!!

Selesai
??? langsung kita restart, masuk BIOS, dan rubah konfigurasi BIOS,booting pertamanya ke Flopppy atau CDROM. Untuk yang tadi udah buatdisket booting dengan NTFS4DOS bisa langsung boot dengan disketnya… begitu juga untuk yang salah satu partisi harddisknya bertipe FAT32 bisa booting langsung dengan CD Bootablenya … selesai …
Lanjut !!!

Tahapan Ketiga …

Kalo udah masuk ke Dos …

Nah, ini dia yang mantabh. Masuk ke direktori letak distro linux disket tadi …

C:\>cd
linux

C:\linux>dir

Bla..bla..bla

initrd.img

install.bat

license.html

loadlin.exe

tomsrtbt.FAQ

tomsrtbt.lsm

zimage

Bla..bla..bla

C:\linux>install.bat

Silahkan disketnya diganti dulu !!!

Selesai … ??? Nah restart lagi … kali ini booting lewat disket linux yang baru aja dibuat.

Nah tuhhhh … ada distro linux tomsrtbt !!!

User-nya
: xxxx, trus Password-nya : xxxx juga , kalo nggak xxxx itu xxxxx
pokoknya cobain aja satu-satu.

Silahkan ikutin perintahnya …

#
cat /etc/fstab

#
cat /proc/partitions

misalkan isinya kurang lebih mirip-mirip kaya gini

/dev/hdb1
ntfs umask=0,nls=iso8859-1,ro 0 0

/dev/hdb6 vfat
umask=0,iocharset=iso8859-1,codepage=850 0 0

/dev/hdb7
ext3 defaults 1 1

/dev/hdb8
vfat umask=0,iocharset=iso8859-1,codepage=850 0 0

Langsung aja di mount. Tapi sebelumnya :

#mkdir
/mnt/linux2
# bikin direktorinya dulu buat partisi ext3

#mount
–t ext3 /dev/hdb7 /mnt/linux2

Apakah berhasil ???

#ls
/mnt/linux2

Nah
terakhir … langsung masuk ke /mnt/linux2 atau langsung buka file
shadow di /mnt/linux2/etc/shadow dengan editor vi

#vi
/mnt/linux2/etc/shadow

root:$1$97EDFlvF$ok4DD2uOi5axzT.mw/Z/S.:13414:0:99999:7:::

bin:*:13414:0:99999:7:::

daemon:*:13414:0:99999:7:::

adm:*:13414:0:99999:7:::

lp:*:13414:0:99999:7:::

sync:*:13414:0:99999:7:::

shutdown:*:13414:0:99999:7:::

halt:*:13414:0:99999:7:::

uucp:*:13414:0:99999:7:::

operator:*:13414:0:99999:7:::

nobody:*:13414:0:99999:7:::

rpm:!!:13414:0:99999:7:::

vcsa:!!:13414:0:99999:7:::

xfs:!!:13414:0:99999:7:::

haldaemon:!!:13414:0:99999:7:::

apache:!!:13414:0:99999:7:::

rpc:!!:13414:0:99999:7:::

ups:!!:13414:0:99999:7:::

rpcuser:!!:13414:0:99999:7:::

sshd:!!:13414:0:99999:7:::

gdm:!!:13414:0:99999:7:::

squid:!!:13414:0:99999:7:::

mysql:!!:13414:0:99999:7:::

al_k:!!:13417:0:99999:7:::

lihat bagian paling atas …

root:$1$97EDFlvF$ok4DD2uOi5axzT.mw/Z/S.:13414:0:99999:7:::

hapus bagian $1$97EDFlvF$ok4DD2uOi5axzT.mw/Z/S.

sampe jadi kayagini

root::13414:0:99999:7:::

ini berarti kita telah menghapus password yang dienkripsi.

kemudian keluar lalu save …. dengan cara tekan tombol Esc lalu dilanjuti
dengan :wq! Enter

Nah sekarang untuk menghilangkan password lilonya :

#
vi /etc/lilo.conf

….

image=/boot/vmlinuz

label=”CoolOS”

root=/dev/hdb6

password=”manteubh” baris sebelah sini musti dihapus nih

initrd=/boot/initrd.img

append=”acpi=ht
resume=/dev/hdb5″

read-only

.

Kemudian save lalu keluar dan restart …

Selesai … langsung login dah dengan root tanpa password … !!!

Sebetulnya ada cara yang lebih mudah … pake linux live CD … :p [
nggak keren ]

//
Kesimpulan


Biar basi yang penting mantabh !!


tambahin sendiri …

//
Refferensi :


linux man


mamang google

//
Greetz :


y3dips, Lirva32, z3r0byte. Pa Onno ––> u r my inspiration


Fel_c, Mentari^, BLACK.SCORPIO, Zahra_Fakhrunisa, Lady_Sizuka, Upie,
Ipank


Allguys in #khilafah, http://www.jcunited.tk

Sumber dari situs Ilmu Website