Juli 2008


Tulisan ini membahas tentang manipulasi database dalam aplikasi Visual Basic 6.0 menggunakan komponen Adodc. Disini kita akan belajar bagaimana membuat koneksi antara form dengan database, menambahkan record, menyimpan, menghapus, juga pencarian dan penapisan data. Apapun jenis dan type database yang digunakan, prosedur yang ditempuh hampir sama.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):

  1. Source Manipulasi Data
Iklan

Tidak semua komponen yang ada pada Visual Basic merupakan komponen Enterprise Edition, ada beberapa komponen yang masuk dalam kategori Profesioanl Edition bahkan Learning Edition.

Mungkin diantara pembaca ada yang pernah menemukan pesan error sebagai berikut:

License Information For This Component Not Found. You Do Not Have An Appropriate License To Use This Functionality In The Design Environment.
Ketika anda akan menggukan sebuah kontrol tertentu dalam project anda, atau

Compile Error : Permission Denied
Ketika anda melakukan Compiling project anda, atau

60: Method ~ of Object ~ failed
Ketika anda menggunakan Application Wizard, atau

(lebih…)

Dasar – dasar Visual BASIC, database dengan mysql dan pemrograman database serta perintah SQL dalam database serta membuat laporan dengan Data Report telah kita bahas. Kini saatnya kita membuat menu pilihan untuk mengakses form dan laporan yang telah kita buat. Pada pembahasan kali ini kita akan bahas dan praktekkan cara membuat menu dan toolbar pada Visual BASIC secara sederhana sehingga dapat dipahami dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang sudah tidak sabar ingin mencoba membuat menu pilihan dan toolbar pada program aplikasi Visual BASIC. Semoga semakin hari semakin semangat juga belajar pemrograman. SEMOGA

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):

  1. Membuat Menu dan Toolbar di VB


Lagi-lagi portable. Silahkan didownload langsung :
http://rapidshare.de/files/20678793/PhotoshopCSPort.rar

bwat bikin 3d di photoshop itu sbnernye gampang banged, hmm… kata tmen2 sih rada susah, tapi ada banyak carana, ke tutorial ini niiii… nyok kita bikin logo bernuansa 3d

siapin canvas 400 x 400 px.

ambil salah satu shape di photoshop. gambar objek na.

COWO BANGET kan ??? gagagaagagakakkkkk 😀

transform pake perspektiv …

teken enter.

transform lagi, tapi kali ini khusus tinggina sajah, menjadi 70 %

enter juga

duplikat sekali, geser make panah ke atas. ulangi ampe beberapa kali, jadi keliatan tebel 3d na

klik pada layer teratas, kasi style ke gini:

(lebih…)

USB Flash Drive Illustration (Klik bwat ngegedein)

Pada canvas baru berukuran 800 x 400 px, aktifkan dlu grid canvas na untuk membantu membwat objek dengan posisi yang proporsional, via menu View > Show > Grid / pencet [ CTRL + ‘ ]

ambil eliptical marquee tool (M), bwat satu lingkaran elipse, trus lanjutin bikin satu elipse lagi, sambil mencet [SHIFT] bwat meng-add seleksi na. (lebih…)

Special Tutorial [ Sony Ericsson Series ]

karena kecintaan gw ma label sony ini, untuk session pertama tutorial sony ericsson series ini gw mao bikin logona dlu.

wuki… mudah2an bisa mirip ma yang asli na hihik… 😀

bwat dokumen .. ukuran seperluna sajah.. gw pake shapping elipse tool

kasi style na:

(lebih…)

Laman Berikutnya »